PROFIL
PERUSAHAAN XL INDONESIA
Sejarah
XL adalah salah satu perusahaan telekomunikasi terkemuka di Indonesia.
Mulai beroperasi secara komersial sejak 8 Oktober 1996, XL saat ini adalah
penyedia layanan seluler dengan jaringan yang luas dan berkualitas di seluruh
Indonesia bagi pelanggan ritel (Consumer Solutions) dan solusi bagi pelanggan
korporat (Business Solutions). XL satu-satunya operator yang memiliki jaringan
serat optik yang luas. XL telah meluncurkan XL 3G pada 21 September 2006,
layanan telekomunikasi selular berbasis 3G pertama yang tercepat dan terluas di
Indonesia. XL dimiliki secara mayoritas oleh Axiata Group Berhad (“Axiata
Group”) melalui Axiata Investments (Indonesia) Sdn Bhd (66,5%) dan publik
(33,5%). Sebagai bagian dari Axiata Group bersama-sama dengan Robi
(Bangladesh), Smart (Cambodia), Idea (India), Celcom (Malaysia), M1
(Singapore), SIM (Thailand) dan Dialog (Sri Lanka).
Pendahuluan
PT XL Axiata
Tbk (dahulu PT Excelcomindo Pratama
Tbk) atau disingkat XL adalah sebuah perusahaan operator telekomunikasi
seluler di Indonesia. XL mulai beroperasi secara komersial
pada tanggal 8 Oktober 1996,
dan merupakan perusahaan swasta pertama yang menyediakan layanan telepon
seluler di Indonesia. Kantor Pusat :
Jakarta, Indonesia.
XL memiliki
dua lini produk GSM, yaitu XL Prabayar dan XL Pascabayar. Selain
itu XL juga menyediakan layanan korporasi yang termasuk Internet Service
Provider (ISP) dan VoIP.
Produk
Kartu XL Prabayar
Kartu XL
Prabayar merupakan peleburan dari 3 produk prabayar XL sebelumnya, yaitu ProXL,
Bebas, Jempol, dan Jimat. Peleburan menjadi satu lini produk ini merupakan
upaya XL untuk memangkas biaya pemasaran Jempol yang memiliki perkembangan
kurang siginifikan jika dibandingkan dengan Bebas. Peleburan ini diawali pada 1 Agustus 2007
dengan menyatukan voucher isi ulang untuk kedua produk dan diresmikan pada 1 Januari 2008
dengan peluncuran merek XL Prabayar. Pelanggan XL Prabayar mendapat nomor
dengan awalan 0817, 0818, 0819, 0859, 0878, dan 0877.
Pada tanggal
28 Oktober 2014,
XL meluncurkan logo barunya dengan peluncuran layanan Real Mobile 4G LTE pada
kartu XL. Logo ini pertama kali muncul di media cetak seperti koran.
Logo baru XL
mempersembahkan identitas baru dalam mewujudkan komitmen untuk berubah menjadi
lebih baik. Sebuah logo adalah representasi identitas yang dapat menggambarkan
berbagai visi dan misi untuk membantu lebih maju. Tiga dimensi warna dalam logo
baru XL memiliki makna yang saling berintegrasi. Warna biru merupakan identitas
prinsip dasar XL yang melambangkan kepercayaan dan tanggung jawab. Warna hijau
melambangkan sumber inspirasi pertumbuhan dan harmoni. Warna kuning
menggambarkan energi dan pemikiran terang yang dapat membawa kemajuan.
Kartu Perdana ProXL
Kartu
Perdana ProXL, diluncurkan pertama kali pada tanggal 31 Desember 1997
setelah berakhir pada tanggal 1 Juni 2004
ProXL mengubah nama menjadi XL, dengan tambahan fitur dan layanan. Bebas
difokuskan dalam memberikan kemurahan tarif percakapan suara. Dalam
perkembangannya, Bebas selalu memberikan tarif promosi percakapan suara yang
bervariasi, mulai dari Rp25/detik, Rp10/detik, Rp1/detik, Rp0,1/detik, Rp600 sampai
gratis.
Kartu Perdana Bebas
Kartu
Perdana Bebas diluncurkan pertama kali pada tanggal 1 Juni 2004.
Produk ini merupakan kelanjutan produk XL sebelumnya. Diluncurkan kembali pada
bulan Februari 2013.
Kartu Perdana Jempol
Kartu
Perdana Jempol diluncurkan pertama kali pada tanggal 1 Juni 2004.
Jempol awalnya merupakan produk prabayar versi murah dari XL dengan menerapkan
tarif hemat Rp99/SMS untuk SMS ke sesama XL dan Rp399/menit untuk percakapan
suara ke nomor telepon rumah. Jempol juga sempat memberikan kemurahan tarif
percakapan suara ke beberapa negara (yang kemudian dikembangkan menjadi produk
tersendiri, Jimat). Dalam perkembangannya, Jempol semakin difokuskan untuk
memberikan tarif yang murah dalam layanan pesan singkat (SMS), terakhir dengan
tarif Rp45/sms ke semua operator. Perkembangan Jempol sangat kurang jika
dibandingkan dengan Bebas, hanya menyumbang sekitar 25% dari total pendapatan
produk prabayar XL.
Kartu Perdana Jimat
Kartu
Perdana Jimat diluncurkan pertama kali pada pertengahan tahun 2006.
Jimat adalah produk prabayar pertama di Indonesia yang menyediakan layanan
telekomunikasi internasional dengan tarif yang sangat hemat dan murah.
Perkembangan Jimat juga bernasib sama dengan Jempol.
Kartu XL Pascabayar
Kartu XL
Pascabayar sebelumnya dikenal dengan nama Xplor. Perubahan ini seiring dengan
restrukturisasi lini produk XL dimana hanya ada 1 lini produk masing-masing
untuk prabayar dan pascabayar.
Sumber :
0 komentar:
Posting Komentar